Kamis, 29 Desember 2011

CRM

Fungsi-fungsi dalam CRM

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:

    Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
    Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
    Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
    Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
    Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
    Menangani keluhan/komplain pelanggan
    Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
    Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Mengimplementasikan CRM

Customer relationship management adalah strategi tingkat korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi itu sendiri, tapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi, yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi. Sistem CRM mengintegrasikan pemasaran, penjualan, dan customer service dari ujung ke ujung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar