Jumat, 30 Desember 2011

laporan algo 1

MODUL 1
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN DENGAN GEL
A. TUJUAN
Mahasiswa mampu memahami tentang dasar-dasar algoritma pemrograman dan dapat mengimplementasikan program sederhana menggunakan gel.
B. PEMBAHASAN
Dalam modul 1 ini kita akan memulai untuk membuat dan menjalankan program java dengan menggunakan gel.
public class latihan1
{
public static void main(String args[])
{
//ini adalah komentar
System.out.println("Halooo semua...");
System.out.println("Selamat belajar java");
}
}
Berikut ini adalah penjelasan tentang program diatas:
1.      Public class latihan1 adalah nama kelas yang kita buat dalam java nama kelas yang kita pakai harus sama dengan nama file yang kita simpan. Karena dalam java ini huruf besar dan huruf kecil sangat dibedakan (case sensitive).
2.      Public static void main(String args[]) adalah merupakan pemulaan fungsi utama java.kata kunci void didepan main merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam java.
3.      System.out.println merupakan perintah untuk menampilkan hasil output ke layar.
Dari program diatas kita dapat melihat hasil output dengan cara pilih menu compile file lalu run file apabila program yang kita buat benar tanpa ada salah akan muncul tulisan compile finished tapi apabila program yang kita buat salah akan muncul akan muncul build failed yang artinya di dalam program itu masih ada yang salah dan kita harus mencari dimana letak kesalahan itu setelah semua dibetulkan untuk mengecek kembali lakukan seperti cara diatas terus menerus hingga berhasil. Dibawah ini adalah hasil output dari program diatas :
 C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;C:\Users\junita\Documents\praktik algoritma" latihan1
Halooo semua...
Selamat belajar java
Finished executing

Pada program diatas kita menggunakan perintah system.out.println yang artinya adalah untuk menampilkan kelayar dan setelah selesai tidak berpindah baris akibatnya perintah keluar setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar