Senin, 03 Oktober 2011

hosting

 Mendaftarkan website :

1. Hosting

2. Registrasi Nama Domain.

3. Memindahkan file ke Server Internet.

4. Submit URL ke Search Engine Populer.

Mendaftarkan website memerlukan beberapa pengetahuan tersendiri yang jarang diajarkan dan dibahas pada materi pengajaran desain web. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, di antaranya adalah mencari Internet Service Provider yang menyiapkan ruang pada harddisk mereka agar file-file yang kita miliki dapat ditempatkan di dalamnya (hosting). Kegiatan selanjutnya adalah mencari nama domain yang sesuai bagi website yang telah kita bangun. Langkah selanjutnya sesudah hosting dan nama domain siap, maka kita harus melakukan upload file, yaitu menyalin file yang kita miliki (di dalam harddisk komputer) ke server internet. Segera setelah proses ini selesai, website yang sudah kita buat dapat diakses dan ditampilkan di web browser di seluruh dunia. Kegiatan berikutnya adalah mempromosikan website ini ke berbagai Search Engine agar dapat segera diindex dalam database mereka.

HOSTING

Setelah website yang kita siapkan selesai dibangun, kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari Penyedia Jasa Internet yang menyediakan fasilitas hosting pada server mereka. Kegiatan ini sangatlah mudah untuk dilakukan, karena banyak situs yang menyediakan fasilitas hosting dengan beragam harga dan kapasitas. Dengan menggunakan mesin pencari, dalam sekejap kita dapat menemukan ratusan bahkan ribuan Penyedia Jasa Internet yang menawarkan hosting dengan beragam harga dan fasilitasnya, banyak pula yang menawarkan hosting gratisan dilengkapi dengan template yang dapat Anda pilih. Oleh karena itu, bukan hal yang mudah untuk menentukan pilihan terbaik bagi website yang telah kita rencanakan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan penyedia jasa internet mana yang akan kita hubungi.
Hosting adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan menempatkan file-file pada server internet (baca ISP: Internet Service Provider). Hosting dilakukan untuk menyiapkan website agar dapat ditampilkan oleh aplikasi web browser di seluruh dunia.
Berikut ini beberapa pedoman yang dapat menjadi bahan pertimbangkan untuk menentukan pilihan hosting website terbaik :
1. Fasilitas yang disediakan.
Pilihan yang kita lakukan tentu harus sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan. Fasilitas yang disediakan oleh Penyedia Jasa Internet adalah salah satu barometer yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Ataupun jika harga bukanlah hal yang bukan menjadi masalah utama, maka satu jenis hosting dibedakan dari kelas yang lainnya berdasarkan fasilitas yang disediakan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membandingkan fasilitas yang bisa didapatkan dengan harga yang sama pada satu ISP dengan ISP yang lainnya.
Beberapa fasilitas yang biasanya ditawarkan oleh sebuah ISP adalah pengelolaan alamat email, penanganan SPAM, antivirus, pengelolaan database, control panel, pengelolaan sub-domain, dsb.
2. Dukungan Teknis.
Dukungan teknis dapat diperhatikan pada ketersediaan beberapa saluran yang disediakan oleh ISP, seperti layanan telpon, HP, e-mail, Yahoo! Messenger. Berapa banyak jalur yang mereka miliki dan kapan Anda dapat menghubungi mereka adalah sebagian dari hal-hal yang penting untuk diperhatikan. Anda tentu tidak ingin diabaikan ketika harus menghubungi mereka untuk meminta bantuan, bukan?
Sekedar perbandingan, Anda dapat mengukur dukungan teknis dengan menghubungi salah satu jalur yang tersedia dan menanyakan beberapa hal yang ingin Anda ketahui. Seberapa antusiaskah mereka mau menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda?
3. Kredibilitas Penyedia Jasa Internet.
Kredibilitas berhubungan dengan profesionalitas Penyedia Jasa Internet. Semakin panjang pengalaman perusahaan, maka semakin matang pelayanan yang mereka lakukan. Semakin banyak prestasi yang diraih oleh perusahaan, semakin baik pula kredibilitas perusahaan tersebut.
Kredibilitas perusahaan Penyedia Jasa Internet adalah hal yang penting jika Anda tidak ingin berhubungan dengan orang yang bekerja tanpa komitmen. Anda dapat menanyakan rekomendasi dari beberapa orang yang telah berpengalaman dalam melakukan hosting untuk website yang mereka kelola. Cara lain adalah dengan mencari informasi mengenai Penyedia Jasa Internet yang bersangkutan, prestasi apa yang mereka raih, website penting mana yang mempercayakan hosting pada server milik mereka, dst.
4. Lokasi Server dan Stabilitas Jaringan.
Kecepatan sebuah website ditampilkan pada browser sangat bergantung pada kontennya, selain itu juga dipengaruhi oleh lokasi servernya. Sebuah website yang berbahasa Indonesia tentu akan lebih cepat diakses jika servernya ditempatkan di Indonesia. Namun, jika Anda membuat website yang berbahasa Inggris dan target utamanya adalah pengunjung dari luar negeri, akan lebih baik jika ditempatkan pada server luar negeri, atau menggunakan server dalam negeri yang menyediakan akses luar negeri yang cepat. Hal ini bisa dilihat pada bandwidth yang disediakan oleh ISP. Seberapa besar bandwidth luar negeri yang mereka buka.
Lokasi server, selain berpengaruh pada kecepatan aksesnya, juga sangat berpengaruh pada stabilitas jaringannya. Sebagai contoh, ketika jalur yang menghubungkan server di Indonesia dengan luar negeri terganggu, maka secara otomatis website yang ditempatkan di luar negeri akan sulit diakses, sedangkan website di Indonesia relatif tidak terganggu. Demikian halnya sebaliknya, website yang ditempatkan di Indonesia akan sulit diakses oleh luar negeri.
5. Upload dan Backup Data.
Fasilitas lain yang dapat menunjang kenyamanan maintenance data adalah fasilitas upload secara manual oleh Penyedia Jasa Internet. Kegiatan memindahkan file dari komputer pribadi ke server internet bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan dalam control panel website, maupun melalui software khusus upload. Meskipun demikian, berkat perkembangan teknologi internet, dewasa ini sudah sangat lumrah website-website dilengkapi dengan data berupa video yang dapat ditampilkan secara online. Kegiatan upload yang sejatinya dapat dilakukan sendiri, sekarang membutuhkan waktu yang lama akibat ukuran file yang membengkak. Sebuah situs yang dilengkapi dengan puluhan file video berukuran besar menjadi masalah tersendiri ketika harus memindahkan data video tersebut melalui kabel.
Selain fasilitas untuk upload secara manual, ketika Anda menyiapkan website dengan database berukuran besar menjadi satu hal penting untuk selalu melakukan backup data secara berkala. Namun, ada baiknya jika Anda menanyakan fitur backup data yang biasanya disediakan oleh Penyedia Jasa Internet. Fasilitas backup data yang disediakan semestinya menjadi salah satu kemudahan yang dapat Anda manfaatkan.
6. Bandwidth.
Bandwidth adalah kapasitas kanal, yaitu jumlah data yang bisa dilewatkan dalam satuan waktu tertentu. Semakin besar bandwidth, maka semakin banyak data yang bisa dikirim dan diterima, atau bisa juga berarti transmisi data semakin cepat.
Bandwidth yang disediakan oleh Penyedia Jasa Internet dibatasi baik lebar jalur datanya, maupun jumlah total data yang bisa dilewatkan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya Penyedia Jasa Internet membatasi jumlah total data sebesar 2 GB per bulan. Jika melebihi kuota tersebut, maka biasanya situs Anda dimatikan untuk sementara, atau Anda harus membayar kelebihan jumlah data tersebut.
7. Harga dan Kemudahan Pembayaran.
Harga yang ditentukan oleh Penyedia Jasa Internet sangatlah beragam. Satu layanan dengan kapasitas tertentu akan berbeda harganya pada Penyedia Jasa Internet lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menentukan jenis layanan apa yang Anda butuhkan dan berapa kapasitas yang diperlukan untuk menempatkan file-file yang telah Anda siapkan. Selanjutnya, carilah Penyedia Jasa Internet yang baik menurut pengetahuan Anda. Bandingkan harga-harga yang mereka tawarkan serta fasilitas dan layanan yang Anda dapatkan. Penyedia Jasa Internet yang cukup mapan biasanya memberikan diskon yang besar untuk layanan premium, sebaliknya Penyedia Jasa Internet yang baru biasanya memberikan diskon yang besar untuk kelas ekonomis.
Selain masalah harga, ada baiknya Anda memperhatikan skema pembayaran yang harus dilakukan. Apakah pembayaran dilakukan melalui transfer antar bank, atau kartu kredit (perhatikan masalah keamanannya). Yang harus Anda bayar biasanya tidak hanya biaya hosting, melainkan juga mencakup setup fee, registrasi domain, ditambah dengan fasilitas dan administrasi. Oleh karena itu, Anda harus jeli memperhatikan harga dan layanan yang akan Anda dapatkan.
Skema pembayaran yang harus Anda lakukan biasanya terdiri dari 2 jenis, yakni pembayaran tahunan (annual fee) dan pembayaran bulanan (monthly fee). Jika Anda melakukan transaksi dengan harga paket yang ditawarkan, biasanya Anda dapat melakukan pembayaran dengan skema tahunan. Namun, jika Anda meminta fasilitas dan layanan di luar paket yang disediakan, biasanya Anda akan dikenakan biaya tambahan dengan skema pembayaran bulanan (tergantung fasilitas dan layanan yang Anda minta). Oleh karena itu, perhatikan skema pembayaran yang harus Anda lakukan sebelum transaksi dilakukan!
8. Garansi.
Apapun yang Anda beli, tentu harus ada jaminannya bukan? Tidak sedikit Penyedia Jasa Internet yang memberikan jaminan uang kembali jika dalam jangka waktu tertentu Anda tidak puas dengan layanan yang mereka berikan. Dengan demikian, Anda akan merasa aman untuk melakukan transaksi dengan mereka.
Hosting Gratisan
Mau mencoba hosting gratisan? Di dunia maya ini terdapat banyak situs yang menawarkan hosting secara gratis. Silakan berselancar menggunakan mesin pencari, maka dalam sekejap Anda akan menemukan banyak sekali situs yang menawarkan hosting gratis. Banyak di antaranya yang menawarkan ruang cukup besar untuk website profesional sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar