Minggu, 18 September 2011

Boediyono

Mohammad Boediyono adalah salah satu anak dari Selo Hadi dan Warsih, yang merupakan 3 bersaudara dari Kelop dan Mansyur. Beliau dilahirkan di daerah djogjakarta, masa kecil beliau sudah jarang melihat bagaimana wajah bapaknya, bahkan sampai beliau tidak ingat bagaimana wajah dari bapaknya. Beliau dari umur 10 tahun sering ikut dengan orang lain, beliau hobi sekali dengan perkelahian.
Beliau tidak pernah mengetahui keberadaan bapaknya, bahkan jika ditanya ” siapa bapakmu? maka beliau menjawab saya tidak tahu”. Beliau terkenal akan keganasannya dan jika sudah berbicara sangat pedas. Beliau dikenal dan disegani dikalangan teman-temannya karena keberaniannya dalam bertindak, hingga banyak temannya berkata kalau ikut boediyono itu pasti selamet neng dalan.
Saat dewasa beliau memutuskan untuk ikut dalam ketentaraan Djawi, beliau menjadi PM dan turut berjuang dalam 1945. Beliau saat itu pernah ditembak mati oleh londo sebanyak 7 buah peluru ketubuhnya, dan mayat beliau di buang ke dalam jurang.
Pada saat selametan 40 hari kematiannya, secara tiba-tiba Boediyono pulang lagi kerumah, serentak warga sekitar pada ketakutan, sehingga mulai saat itu juga beliau dijuluki “BOWANG”.
Pada saat ditanyakan bagaimana beliau bisa kembali, beliau bercerita kalau beliau pulang karena bertemu seseorang wanita cantik di pantai selatan dan berkata bahwa belum waktunya beliau pulang. Mulai saat itu beliau dilarang makan makanan laut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar