Minggu, 18 September 2011

Raden Suwiryo Kertasuwiryo

Raden Suwiryo Kertasuwiryo adalah salah satu pengawal setia dari Ki Ya’man, Raden Suwiryo Kertasuwiryo lebih dikenal dengan panggilan Den Bagus, hal ini disebabkan beliau sangatlah dekat dengan putra Ki Ya’man yaitu Raden Bagus, Den Bagus memiliki arti Aden Bagus yaitu Sang Penjaga Bagus. Den Bagus adalah seorang denawa setengah manusia, beliau Dikenal dengan watak kerasnya dan mudah marah. Semasa zaman kedudukan kerajaan Ki Ya’man, Raden Bagus sering diperintahkan oleh Ki Ya’man untuk menjaga Raden Mas Kencono saat berburu ke hutan.
Den Bagus suatu saat memutuskan untuk meninggalkan kerajaan, beliau akhirnya bertemu dengan Ki Selo Ik Kromo, Den Bagus meminta Ki Selo Ik Kromo tentang bimbingan hidup dan bagaimana caranya agar beliau bisa lebih welas asih dan penyabar. Ketika itu beliau pun diajarkan belajar sopan santun dan tata krama dengan cara ngalong di bukit Gede sebagai syaratnya, beliaupun berhasil ngalong selama 40 hari.
Setelah berhasil menjalani ngalong, Den Bagus pun diberikan tuntunan hidup oleh Ki Selo Ik Kromo, Den Bagus pun berjanji akan memberikan yang terbaik atas ajaran yang diberikan kepadanya. Den Bagus berjanji akan menjaga anak cucu Ki Selo Ik Kromo, tapi Ki Selo Ik Kromo mengatakan saat itu belum waktunya Den Bagus untuk menjaga anak cucunya Ki Selo Ik Kromo, tapi Den Bagus diberikan perintah oleh Ki Selo Ik Kromo untuk pergi ke Selatan menemui seorang Putri yang ternyata adalah ibundanya. Sampai pada suatu ketika Den Bagus diminta oleh Ki Selo IK Kromo untuk  menjaga cucunya yaitu Poertopo yang ternyata adalah masih keturunan dari Ki Yam’an , sang rajanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar