Minggu, 18 September 2011

Ki Cokro

Cokro Winangun adalah salah satu murid dari Ki Selo Ik Kromo. Ki Cokro memiliki ciri fisik yang khas , beliau memiliki ciri belang separo diwajahnya. Beliau sangat terkenal dengan gaya bicara dan tertawanya yang keras. Dalam kesehariannya beliau sangat suka dengan makan-makanan yang pedas.
Ki Cokro pernah menjabad menjadi Patih di suatu kerajaan, tapi sayang beliau tidak mau mejabat lebih lama, beliau hanya menjabat selama satu musim penghujan saja, beliau lebih memilih mengundurkan diri dan menyerahkan kedudukannya pada Raden Mas Arjuno (Raden Njeliteng), ketika itu beliau memilih pergi ke desa untuk mengabdi kepada masyarakat setempat sebagai kaum biasa yang membela Raja, hanya sampai suatu ketika beliau dipanggil kembali sebagai penasehat kerajaan.
Ki Cokro terkenal karena kepiawaiannya dalam mengatur strategi pertahanan, beliau terkenal dalam setiap keberhasilannya dalam menangkap gerak-gerik penghianatan yang ada. Beliau selalu memberikan rincian alasan penjelasan secara mendasar kepada raja saat itu sehingga beliau menjadi orang kepercayaan raja hingga akhir hidupnya. Ki Cokro wafat di daerah Kudus-Djawa Tengah.

1 komentar: