Minggu, 18 September 2011

Raden Mas Arjuno

Raden Mas Arjuno adalahsalah satu murid dari Ki Selo Ik Kromo, Beliau adalah murid kedua Ki Selo Ik Kromo setelah Ki Cokro. Beliau menggantikan Ki Cokro sebagai patih dan berhasil memperluas kekuasaan kerajaan. Beliau lebih sering dikenal dengan sebutan Raden Njeliteng, itu dikarenakan kulit beliau yang berwarna hitam legam. Beliau juga lebih dikenal karena kekaleman dirinya, tapi walaupun demikian beliau lebih dipandang berwibawa dibandingkan patih lainnya dihadapan raja.
Raden MAs Arjuno pernah mendapat amanah dari Ki Selo Ik Kromo jika beliau akan pulang maka beliau disuruh pegilah keselatan. Raden Mas Arjuno pun selalu mengingat amanah tersebut.

Suatu Raden Mas Arjuno bertemu kembali dengan Ki Selo Ik Kromo dikediamannya, dan saat itu beliau diberi sebuah cambuk. Dan saat itu Ki Selo Ik Kromo menyuruh Raden Mas Arjuno untuk menggunakannya sebagai sabuk, Raden Mas Arjuno pun menurutinya.

Suatu ketika terjadi peperangan antara kerajaan Raden Mas Arjuno dengan kerajaan lain yang telah bekerjasama dengan bangsa ghaib, ketika itu pasukan Raden Mas Arjuno sudah kualahan menghadapi serangan dan gempuran kerajaan musuh. Entah darimana datangnya sebuah suara menyerupai suara Ki Selo Ik Kromo yang berkata ” Gunakan Sabukmu! Sabet kearah mereka!” , dan dalam seketika pasukan lawan luluh lantah berterbangan melayang jauh ke udara. Saat itu juga nama Raden Mas Arjuno terkenal hingga pelosok kerajaan lain dan ditakuti.

Pada suatu saat Raden Mas Arjuno teringat akan pesan Ki Selo Ik Kromo sebagai seorang gurunya, dan akhirnya beliaupun pergi kearah selatan, setelah itu Raden Mas Arjuno pun dikabarkan menghilang tidak kembali lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar