Minggu, 18 September 2011

Raden Pendowo

Raden Pendowo adalah anak ketiga dari Arya Rembangan dengan Rukmini . Beliau memiliki sifat keras seperti Ki Modo adek dari kakek beliau. Beliau sering disebut Kang Mas Pendowo Adijoyo karena adijaya kemampuan yang beliau miliki diakui masyarakat sekitar. Beliau merupakan seorang pengelana yang pindah dari suatu daerah kedaerah lainnya dalam waktu semalam. terkenal juga dengan nama Satrian angin-angin karena kemampuannya seperti angin dalam melangkah.

Raden Pendowo adalah salah satu dari kesatrian yang mampu mengililingi djawi. beliau memiliki nama lain yaitu “Raden Yoga, KatjaKaryan, Putro Luhur, Tjokro, AbiSuttho, Buto Rakhseno, Aki Legowo”.
Beliau diberi pakaian oleh kakeknya yang merupakan pakain dari adek kakeknya yang bernama Ki Modo ketika beliau genap 16 tahun. Pakaian itu diberikan karena kesamaan sifat dari Raden Pendowo dengan Ki Modo.
 Raden Pandowo wafat di pesisir pantai, ketika itu beliau berkata hawa di dekat pantai begitu dingin, lalu beliau memakan sebatang cabe dengan meminum air kelapa muda , kemudian beliau memakan buah yang tidak diketahui namanya sambil berkata mungkin ini saatnya saya untuk pergi. Dan ketika itu beliau wafat di pesisir pantai, beliau dimakamkan dipesisir pantai tersebut oleh penduduk dan diagungkan sebagai makam kramat yang ada dipesisir pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar