Minggu, 18 September 2011

Poertopo

Soegeng Poertopo adalah salah satu anak dari 13 bersaudara dari Boediyono dan Buniati. Dari kecil beliau jarang sekali dirumah, beliau lebih suka bermain keluar rumah untuk mencari pengalaman hidup.
Nama Soegeng Poertopo diberikan oleh kakek beliau Ki Selo Ik Kromo, ketika kakek beliau Ki Selo Ik Kromo akan pulang, beliau masih bayi. dan ketika itu Ki Selo Ik Kromo mengatakan dialah pemegang keturunan dari Ki Selo Ik Kromo dan Ki Ya’man.
 Soegeng Poertopo sering dipanggil dengan panggilan “Mas Ipung , Lipur“, beliau sering melakukan puasa geni dan olah batin dihutan. Beliau adalah putra Boediyono yang banyak disegani oleh masyarakat karena keberaniannya.
Beliau memiliki sikap yang keras terhadap keluarga, dalam kesehariannya beliau jarang sekali mengenakan alas kaki seperti kakeknya dahulu. Beberapa sifat yang beliau miliki mirip seperti Raden Pendowo.
 Soegeng Poertopo kini tinggal di Lampung Tengah, disana beliau sering dipanggil dengan panggilan “Mas Ipung”. Beliau disegani di daerahnya dan dianggap sebagai sesepuh didaerah Kecubung.
Disana beliau lebih sering dikenal sebagai sesepuh daerah dan sebagai orang pinter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar